Gunakan Kesempatan Untuk Mengurus HAKI

Branding bisa menjadi alat yang ampuh dalam pengembangan bisnis yang sukses. Jika digunakan dengan benar, sebuah merek dapat meningkatkan pengenalan Anda dan berhasil membedakan Anda dari pesaing. Kabar baiknya, membangun merek yang sukses adalah proses yang relatif sederhana.

Merek adalah citra yang terbentuk di benak orang ketika mereka mendengar nama Anda. Yang paling penting, ini terdiri dari kata-kata yang digunakan untuk mendeskripsikan gambar itu. Misalnya, jika saya mengucapkan Rolls Royce , Anda mungkin memikirkan kata-kata seperti “mahal”, “mewah”, dan “kelas atas”. Sebaliknya, Honda membangkitkan serangkaian haki kata yang berbeda seperti “terjangkau” dan “berorientasi pada keluarga”. Kedua mobil tersebut memiliki reputasi positif dan pada dasarnya menjalankan fungsi yang sama. Tetapi mereka memiliki gambaran yang sangat berbeda. Apa yang dilihat orang ketika mendengar Rolls Royce sangat berbeda dari apa yang mereka lihat ketika mendengar Honda, dan itu penting dalam hal pengembangan merek.

Pengembangan merek adalah proses menciptakan citra yang Anda inginkan dan mengambil langkah proaktif untuk mengembangkan citra tersebut. Ada dua pertimbangan penting dalam hal pengembangan merek. Pertama, jika Anda tidak secara aktif bekerja untuk mengembangkan dan mengemas merek Anda, Anda tidak memiliki merek. Dengan kata lain, branding adalah proses proaktif. Kedua, proses pengembangan merek berlangsung lama. Anda tidak pernah selesai mengembangkan merek Anda. Memfasilitasi proses pengembangan merek melibatkan tiga langkah:

1. Memperjelas manfaat pencitraan merek Anda . Ada empat manfaat utama dari proses pengembangan merek. Pertama, pencitraan merek membantu Anda memperjelas proposisi nilai Anda, yang dapat dilakukan pelanggan karena Anda. Kedua, ini memperjelas ceruk pasar Anda, yaitu segmen pelanggan yang ingin Anda layani. Ketiga, meningkatkan pengakuan bisnis Anda dengan klien potensial. Dan terakhir, branding meningkatkan harga yang dapat Anda tetapkan karena pengembangan merek yang efektif adalah tentang memposisikan diri Anda sebagai ahli dan pemimpin di ceruk pasar tertentu.

2. Jawab empat pertanyaan kunci untuk bisnis Anda . Proses pengembangan merek dimulai dengan jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan berikut:

– Siapa yang harus saya layani (siapa pelanggan saya, siapa orang yang saya inginkan sebagai pelanggan)?

– Nilai apa yang saya berikan (apa yang dapat dilakukan pelanggan saya karena saya = proposisi nilai Anda)?

– Bagaimana cara membantu pelanggan saya mencapai nilai ini (bagaimana cara memenuhi proposisi nilai saya)?

– Apa perbedaannya dengan pesaing saya (apa keunggulan kompetitif saya)?

3. Kembangkan paket merek . Setelah Anda memahami dengan jelas tentang manfaat yang dapat Anda peroleh dari pencitraan merek dan telah secara efektif menjawab empat pertanyaan kunci untuk bisnis Anda, Anda dapat mengembangkan paket merek Anda, yang terdiri dari alat dan sumber daya yang Anda gunakan untuk mengomunikasikan merek Anda. Ini termasuk paket gambar Anda (nama bisnis, tagline dan logo), presentasi elevator (pernyataan 20 detik tentang Anda, perusahaan Anda dan manfaat produk dan layanan Anda), alat tulis , kartu nama , brosur , situs web , blog , publikasi ( misalnya, buku, buletin, buklet, dan artikel), media sosialdan presentasi (misalnya, seminar, webinar, dan program pelatihan). Saya akan membahas cara menggunakan alat ini untuk membuat paket merek yang efektif di artikel yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *