Mata Diabetik Pandangan Lebih Dekat Pada Katarak

Berasal dari bahasa Latin cataracta yang berarti “air terjun”, katarak adalah kekeruhan dari lensa mata berbentuk kristal yang biasanya bening. Hal ini menghambat lensa untuk memfokuskan cahaya dengan benar pada retina di

belakang mata, menyebabkan hilangnya penglihatan. Jika sebagian dari lensa menjadi buram, cahaya tidak akan dapat masuk dengan mudah dan penglihatan pasien menjadi kabur. Ini akan serupa dengan melihat melalui air lindungi mata dari radiasi keruh atau jendela berkabut.

Katarak biasanya ditemukan pada orang yang berusia di atas 55 tahun. Namun terkadang, juga ditemukan pada orang muda, termasuk bayi baru lahir. Itu bisa berkembang di satu atau kedua mata. Jika berkembang di kedua mata, salah satu akan lebih terpengaruh daripada yang lain.

Apa penyebabnya?

Ada banyak penyebab terjadinya penyakit mata tersebut. Karena lensa kita terdiri dari protein spesifik yang bertanggung jawab untuk mempertahankan kejernihannya, selama bertahun-tahun lensa kita dapat terpengaruh

oleh perubahan struktur protein ini. Hal ini pada akhirnya menyebabkan lensa menjadi kabur. Dalam situasi yang jarang terjadi, katarak dapat muncul saat lahir atau pada masa kanak-kanak karena cacat enzim keturunan. Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan, diabetes, merokok, atau penggunaan obat-obatan tertentu, seperti steroid oral,

topikal, atau inhalasi, juga merupakan faktor yang dapat menyebabkan perkembangan katarak pada usia dini. Diketahui juga bahwa perubahan kimiawi di dalam mata menyebabkan lensa menjadi keruh. Jadi, pola makan juga menjadi faktor risiko. Misalnya, kekurangan yodium mungkin menjadi salah satu faktornya.

Apa gejalanya?

Melalui pemeriksaan mata secara menyeluruh dapat memastikan jika ada pembentukan katarak. Namun ada juga sejumlah tanda dan gejala yang mungkin mengindikasikan adanya penyakit mata ini. Berikut ini adalah:

  • Penglihatan kabur atau tidak fokus secara bertahap di mana warna mungkin tampak menguning
  • Munculnya bintik hitam atau bayangan yang seakan bergeser saat mata bergerak
  • Hilangnya penglihatan warna secara bertahap
  • Rabun jauh
  • Visi ganda
  • Perasaan memiliki film di atas mata

Apa sajakah tindakan pencegahan?

Jadwalkan pemeriksaan mata secara teratur . Ini dapat membantu menentukan pada tahap awal katarak dan masalah mata lainnya. Konsultasikan dengan dokter Anda seberapa sering Anda harus menjalani pemeriksaan mata.

Pertahankan berat badan yang sesuai dan sehat . Saatnya mulai berusaha menurunkan berat badan secara alami jika Anda kelebihan berat badan. Mengubah pola makan dan melakukan olahraga teratur masih merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan.

Berhenti merokok . Ada beberapa cara untuk berhenti merokok. Beberapa mungkin beralih ke pengobatan sementara yang lain menjalani rehabilitasi atau konseling, hipnosis, tambalan dan banyak strategi lain yang tersedia. Pilih mana yang paling efektif untuk Anda.

Makan makanan yang sehat. Memasukkan banyak buah dan sayuran ke dalam makanan harian Anda penting untuk memastikan bahwa Anda menerima banyak vitamin dan nutrisi. Buah dan sayuran dilengkapi dengan antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan lensa mata Anda.

Apa cara alami untuk mengatasi kondisi mata ini?

Meskipun operasi adalah pilihan untuk mengobati katarak, ada juga beberapa latihan mata khusus yang dibuat untuk lensa. Latihan mata terapeutik membantu meningkatkan pergerakan cairan dan memecah zona kelambanan

di sekitar lensa bagian dalam. Latihan yang dilakukan juga dimaksudkan untuk memurnikan masuknya nutrisi dan memberantas produk limbah. Pada saat yang sama, melakukan latihan ini juga membersihkan puing-puing sel dan menyebarkan katarak.

Disarankan agar pasien katarak menerapkan metode relaksasi dan penguatan mata yang berbeda. Ini termasuk menggerakkan mata dengan lembut ke atas dan ke bawah, dari sisi ke sisi dan dengan gerakan melingkar. Latihan

lain seperti memutar leher dalam lingkaran dan setengah lingkaran dan menggerakkan bahu dengan cepat searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam juga disarankan.

Salah satu latihan mata khusus yang bisa Anda lakukan adalah telapak tangan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggosokkan kedua tangan Anda sampai terasa hangat dan meletakkan tangan Anda yang tertangkup di atas klinik mata jakarta kelopak mata yang tertutup, berhati-hatilah untuk tidak menyentuh mata Anda dengan telapak tangan

Anda. Letakkan siku Anda di atas meja untuk mempromosikan posisi rileks dan duduk dengan tenang selama satu hingga dua menit. Anda dapat mengetahui apakah mata Anda sekarang rileks jika semakin hitam kegelapan yang akan Anda lihat dengan mata tertutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *